Articles Comments

Excel Tips and Tricks » Fungsi Excel

Variasi Penggunaan Vlookup

Berikut adalah contoh penggunaan Fungsi Vlookup dalam berberapa macam permasalahan (Download xlAu-ContohVLookup.xls): Pencarian Produk Kode Produk Harga           A23 Kertas 5.00           B14 Lampu 15.00           A27 Meja 75.00           C45 Pensil 0.50                           A27 75.00 exact match dengan Rumus =VLOOKUP(A7,$A$2:$C$5,3,FALSE)                 A27 5.00 approximate match dengan Rumus =VLOOKUP(A9,$A$2:$C$5,3)                 A28 #N/A VLookup — Not Applicable/Tidak ketemu dengan rumus =VLOOKUP(A11,$A$2:$C$5,3,FALSE)                 A28   IF dan VLOOKUP agar tidak tampil #NA dengan rumus IF (ISNA(VLOOKUP(A13,$A$2:$C$5,3,0)),”",VLOOKUP(A13,$A$2:$C$5,3,FALSE)) Teks dan Angka Invoice Kartu Studi Produk dan Ukuran Nama Buah Cari Nomor Polisi … Read entire article »

Filed under: Download files, Fungsi Excel, Ms Excel, Tips, Tutorial

Mencari Daftar Harga dari Beberapa Bengkel

Berikut adalah pertanyaan untuk mencari Harga Jasa dari Daftar.“Bagaimana caranya biar nanti kita memperoleh harga sesuai dengan jenis kendaraan, bengkel, dan Jasamisalnya : memilih Jenis kendaraan : Kijang    Bengkel : A  jasa : Ketok maka agar nanti keluar secara otomatis harganya Rp100.000″ Kalo bisa pakai Excel. Tabel yang akan dicari: JenisKendaraan Bengkel Jasa Harga Sedan A Ketok 200,000.00 Sedan B Ketok 500,000.00 Sedan A Ganti cat 1,000,000.00 Sedan B Ganti cat 2,000,000.00 Kijang A Ketok 100,000.00 Kijang B Ketok 150,000.00 Kijang A Ganti cat 800,000.00 Kijang B Ganti cat 1,500,000.00 Daihatsu Luxio A Ketok 100,000.00 Daihatsu Luxio B Ketok 150,000.00 Daihatsu Luxio A Ganti cat 750,000.00 Daihatsu Luxio B Ganti cat 1,300,000.00     Untuk menjawab pertanyaan maka pertama kali kita buat tabel yang selanjutnya digunakan sebagai tabel lookup data kendaraan, bengkel, dan jasa. Selanjutnya dengan Data validasi kita buat tabel pencarian shg menghasilkan sbb:                   Jenis Kendaraan : Sedan                         Nama Bengkel : A                         Jasa Perbaikan : Ketok                                        Posisi     3       Harga Service     Rp500,000.00                       Berikut adalah contohnya: File Pricelist.xlsm Fungsi yang dipakai dalam file ini adalah Index, Match, Offset, Max, If, Char, Not, Countif. Dan Makro untuk mengaktifkan Calculation. … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel, Programming, Tutorial, validation

Buat Fungsi VBA Rata-rata dan Simpangan Baku

Contoh di bawah ini adalah contoh mudah untuk membuat fungsi dengan VBA Excel. Tujuan pembuatan fungsi Rerata dan SimpanganBaku adalah untuk menghitung rata-rata dan simpangan baku dari sebuah deret data. Untuk mudahnya maka deret data kita masukan ke sel A1 samoau A10 pada Sheet1 dalam sebuah Workbook Excel. Untuk menyederhanakan program dan tentunya mempercepat proses pengolahan maka dibuat dua prosedur fungsi dan satu sub-prosedur. sub prosedur membaca angka-angka dari deret atau array (A1..A10), dan memanggil ke dua fungsi yang menghasilkan rata-rata dan simpangan baku dari data tersebut. Rumus untuk menghitung rata-rata dan simpangan baku yang diperoleh dari buku statistik adalah sebagai berikut. Perlu diketahui bahwa Simpangan Baku di bawah ini adalah untuk sampel, bukan untuk populasi. ‘————————————————————————————————— ‘*                         … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel, Programming, statistics, Tutorial, VBA, Vba Excel

Menampilkan Nilai Max lebih dari 1

Tulisan ini menjawab pertanyaan mengenai bagaimana menampilkan Nilai Tertinggi yang diperoleh lebih dari satu orang dalam data excel misalnya nilai salah satunya dari zdienos@yahoo.com dari zdienos.blogspot.com bagaimana jika ada tiga orang yang mendapat nilai 88. yang terbaca hanya yang urutan atas, dua lainnya tidak? gmn caranya thanks tetapi, bagaimana kalo seandainya ada 2 anak yang nilainya sama tinggi ?? misalkan, sujiwo mendapat nilai 88 … bagaimana menampilkan data nilai tertinggi yang dimiliki dua orang ini ??? trims Disini saya mencoba kalau tidak pakai Makro (VBA), Jadi kita langsung menggunakan fungsi-fungsi yang ada di Ms Excel diantaranya IF, RIGHT, LEN, LEFT, MAX, FIND, CHAR DAN SUBSTITUTE. HASILNYA ADALAH SBB: Untuk Filenya dapat di download disini Selamat menampil nilai terbaik . . . !!!! … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel, statistics, Tips, Tutorial

Fungsi FVSCHEDULE

Fungsi FVSCHEDULE dalam excel menghitung Future Value investasi (principal) dengan variable tingkat bunga (interest). Sintaxnya adalah sbb: FVSCHEDULE( principal, schedule ) Dengan argument: principal - Nilai sekarang investasi (The present value of the investment ) schedule - Nilai dalam bentuk deret (array) yang merupakan jadwal tingkat bunga diberlakukan. Jika menggunakan range, maka bisa berisi nilai numerik atau kosong ( kosong maka berarti tingkat bunga 0)   Contoh Fungsi Fvschedule Padas el B1 di bawah ini adalah contoh nilai future investasi sebesar 10,000, selama 5 tahun. The tingkat bunga dua tahun pertama adalah 5% dan 3.5% pada tahun ke 3, 4 dan 5. Format fungsi yang dapat dilihat pada Formula dan Hasil di sebelah kanan  Formula:    A B 1 5.0% =FVSCHEDULE( 10000, A1:A5 ) 2 5.0%    3 3.5%    4 3.5%    5 3.5%     Hasil:    A B 1 5.0% $12,223.61 2 5.0%    3 3.5%    4 3.5%    5 3.5%    Untuk lebih detailnya tentang Fungsi Fvschedule dapat dilihat di Microsoft Office website.   Untuk mengaktifkan Fungsi Fvschedule maka: Anda harus mengaktifkan Analysis TooPak dengan cara sbb: Pada Excel 2003 … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel

Fungsi IfError

Pada saat kita bekerja dengan Pembagian yang melibatkan dengan angka Nol atau fungsi-fungsi seperti VLOOKUP dan kebetulan datanya yang dicari tidak ada atau tidak sesuai maka hasilnya adalah ‘ #N/A ‘. Padahal kita seringkali menginginkan nilainya kosong atau ‘ 0 ‘ jika hasilnya rumus salah. Jika kita menggunakan Ms Excel 2007 maka ada fungsi IFERROR yang dapat digunakan untuk menyelesaikan dengan sintaks: IFERROR(value,value_if_error) Sebagai contoh: Jika A2 sebuah angka (23937) sedangkan B2 adalah 0 maka dengan rumus di bawah ini hasilnya adalah “Pembagian dengan Nol” =IFERROR(A2/B2, “ Pembagian dengan Nol “) Akan tetapi di Ms Excel 2003 kita tidak menemukan fungsi ini oleh karena itu kita dapat membuat fungsi iferror dengan code VBA yang diperoleh dari Situs Microsoft. Untuk memasukkan kode VBA tersebut langkahnya adalah: Menu Tools à Macro ààVisual Basic Editor (or hit ALT-F11)Pilih Insert àModuleTempel/Paste kode … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel, Programming, VBA, Vba Excel

Menghitung “Standard Deviation” dengan Excel

Untuk menghitung SD di excel kita menggunakan fungsi  STDEV yang merupakan standar deviasi sample dengan rumus N-1. Jika kita mau menghitung standar deviasi populasi maka kita harus menggunakan fungsi STDEVP. Contoh ada disini <a href=”http://excel.aurino.com/wp-content/uploads/2010/06/Nilai-Akhir.xls” rel=”nofollow”>File: Nilai Ulangan.xls</a> Standar deviasi atau yang lebih dikenal dengan simpangan baku adalah akar kuadarat dari varian ( nilai aktual – rata-rata nilai). Bilangan tersebut dipergunakan untuk mengetahui nilai ekstrim suatu data. Penggunaan standar deviasi biasa digunakan bersama nilai rata-rata. Link berikut adalah contoh untuk menghitung standar deviasi: <a href=”http://www.gifted.uconn.edu/siegle/research/Normal/stdexcel.htm” rel=”nofollow”>standard deviation using excel</a> <a href=”http://en.wikipedia.org/wiki/Standard_deviation” rel=”nofollow”>Wikipedia about standar deviation</a> … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel, statistics, Tutorial

SUMIF dengan sebagian kata kunci

Pertanyaan:"Hai oom Excelmaniawan dan tante Excelmaniawati.... Sayah baru mendarat di dunia Exceltainment nihhhh... Mau minta tulungggg nih.... Pliss Pliss tolong dibantuh yaaaahhh... Beginih ceritahnyaahhh. Sayah kan mau jumlahkan angka berdasarkan kriteria tertentu. Kalau yang ituh sudah tahu sayah rumusnyah.... pakai SUMIF kannn. Nah masalahnnya, antara kriteria yang di tabel awal dan tabel … Read entire article »

Filed under: belajar excel, excel 2003, excel 2007, Fungsi Excel, partial keyword, sumif, tips excel, trik excel

Fungsi Vlookup

Karena sudah banyak yang menulis tentang Vlookup maka saya rasa tidak perlu dibahas disini. Berikut Link website yang membahas Vlookup dalam Bahasa Indonesia: VLOOKUP | Rumus & Fungsi. Penggunaan fungsi vlookup pada excel, contoh fungsi excel vlookup, fungsi excel vlookup. Sharing Materi: Contoh penggunaan rumus VLOOKUP Contoh penggunaan rumus VLOOKUP. Label: Ms Excel. Contoh penggunaan rumus VLOOKUP pada Ms Excel. Rumus VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah … Yahoo! Answers – Bagaimana cara mengoperasikan rumus VLOOKUP di … Bagaimana cara mengoperasikan rumus VLOOKUP di microsoft excel ? rumus vlookup dan hlookup – PDFQueen – PDF Search engine. Free …Menggunakan Fungsi HLookup dan VLookup. Setelah selesai, kembalilah pada worksheet 1, kemudian isikan rumus “VLookup” untuk kolom nama barang dan “HLookup” … yanmarshus bachtiar :: Memanfaatkan Fungsi VLOOKUP Apa gunanya rumus vlookup? Mari kita lihat apa … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel

Membuat Fungsi VBA: Mencari Sel Terakhir yang Ada Datanya Dalam Satu Kolom

Misalnya kita ingin mengetahui sel terakhir dalam sebuah kolom yang berisi data dari sebuah sheet yang aktif. Kita dapat mencari secara manual dengan dengan pindah ke sel terakhir yang berisi data dalam kolom A, sehingga menjadi sel aktif (terpilih) dan menekan keyboard pada tombol CTRL+ PANAH TURUN . Langkah ini akan membuat sel yang aktif akan pindah ke sel terakhir pada kolom tersebut (kolom A). Kita dapat mengotomatiskan langkah ini dengan menggunakan perintah VBA (Visual Basic for Applications) yang sama dengan CTRL+ PANAH TURUN:     Activesheet.Range(“A65536″).End(xlUp)    … (1) Catatan: Untuk Ms Excel 2007 kita gunakan A1048576 Perintah VBA di atas akan menghasilkan range object yang barisnya dapat ditampilkan. Sebagai contoh, misalnya kita menyatakan variable yang diberi nama LastRow dan menetapkan isinya adalah obyek yang dihasilkan oleh perintah (1). LastRow.Row akan memberikan nomor baris … Read entire article »

Filed under: Fungsi Excel, Ms Excel, VBA